SDN PERCOBAAN 1 KOTA MALANG
SEJARAH SINGKAT SDN PERCOBAAN 1 MALANG
SDN Percobaan 1 atau lebih di kenal dengan SDNP 1 adalah sekolah yang dikelola oleh IKIP MALANG yang bernama SD LABORATORIUM IKIP MALANG. Didirikan oleh Prof.Dr.Supartina Pakasi. Tahun 1973 berubah PPSP (Proyek Perintis Sekolah Pembangunan) di kelola oleh Kanwil Jatim. DI tahun 1986 - 1987 menjadi SDN Percobaan Malang dalam binaan Kanwil Dikbud Jatim. Berganti menjadi SDN Percobaan 1 Malang pada tahun 2004.
KEPALA SEKOLAH YANG PERNAH MENJABAT DI SDNP 1 MALANG
1. PROF.DR.SUPARTINA PAKASI
SD LAB IKIP MALANG, MASA KERJA (8TH) 1968-1973
2. Drs. SAMSUL ARIFIN
SD PPSP, MASA KERJA (5TH) 1973-1976
3. Dra. TATIK ROMLAH
SD PPSP, MASA KERJA (5TH) 1976-1980
4. Drs. SIDIK WATJANA
SD PPSP, MASA KERJA (5TH) 1980-1987
5.Drs.S.K.Y.DARSANA
SDN P, MASA KERJA (6TH) 1987-1995
6. TITIT SUNASITA,S.Pd
SDN P, MASA KERJA (6TH) 1995-2002
7. MUTINI,S.Pd
SDN P 1, AKTIF MULAI TAHUN 2002 s/d sekarang
- Mengembangkan kultur sekolah yang berdasarkan IMTAQ untuk menguasai IPTEKS
- Mengembangkan lingkungan sekolah yang sehat dan sekolah berwawasan lingkungan
- Mengembangkan iklim pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM)
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berprinsip " Pendidikan Untuk Semua"
- Menyelenggarakan manajemen sekolah efektif, partisipatoris, transparan, dan akuntabel.
TUJUAN SEKOLAH
- Dapat mengamalkan ajaran agama sebagai hasil proses pembelajaran dan pengembangan diri yang relevan dengan tingkat kelas.
- Meningkatkan nilai rata - rata kelas ujian.
- Meraih kejuaraan lomba mata pelajaran, seni, olah raga, minimal tingkat kota tiap tahu.
- Mewujudkan sekolah ramah lingkungan sehingga dapat menjadi penggerak masyarakat sekitar.
- Mengembangkan potensi peserta didik dan pendidik sehingga menjadi sekolah unggul yang diminati masyarakat.
PROGRAM SEKOLAH
- Mengembangkan Prasarana dan Sarana Pendidikan.
- Pengembangan tenaga Pendididkan.
- Pengembangan budaya daerah.
- Meningkatkan menejemen Pendidikan Berbasis pemberdayaan masyarakat.
- Pengembangan Kurikulum Kompetensi dasar Berbasis Muatan lokal.
- Pengembangan Fasilitas Pendidikan.
- Menuju Sekolah berstandart Internasional
EKSTRA KURIKULER
A. KEWIRAAN
1. Pramuka
2. PKS
1. Drumband
2. Bela Diri
1. Seni Karawitan
2. Seni Lukis
3. Seni Tari
4.Seni Kolintang
5.Samroh
6.Bina Vokalia
D. UKS
1. Tiwisada
2. Wartawan kecil
SDN PERCOBAAN 1 MALANG
(Sekolah Menuju Inklusi)
LATAR BELAKANG
Pelayanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus belum mendapat
layanan pendidikan yang sesuai.
Semua warga negara berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, tidak terkecuali bagi warga negara yang berkebutuhan khusus. Karena Ketidaksetaraan dalam pendidikan akan menjadi kekhawatiran dalam mewujudkan wajib belajar 9 tahun yang pada akhirnya akan menghambat pembangunan di segala bidang.
Tujuan Pelaksanaan Pendidikan Inklusi
Secara filosofis
“ Memberikan kesempatan dan hak yang sama kepada setiap anak secara demokratis dan tidak diskriminatif (secara sosio kultural, ekonomi, agama, ras dan karakteristik individual) untuk mendapatkan pendidikan yang layak “.
Model pendidikan inklusif ini menekankan pada keterpaduan penuh, menghilangkan labelisasi anak (normal atau tidak normal) dengan prinsip “Education for all” dalam model ini harus ada modifikasi bahan, metode, media maupun evaluasi bagi setiap peserta didik sesuai dengan kebutuhan individunya.
PRESTASI SEKOLAH
Tingkat Kota
- Lomba Matematika Tingkat SD
- Siswa berprestasi
- Matematics Competition
- Memahat Patung
- Matematika Saka moto
- Lomba menulis surat untuk guru tingkat SD
Tingkat Propinsi
- Olimpiade Matematika
- Atletik
- Drumband
Tingkat Nasional
- Pasiad IPA
- Olimpiade IPA Nasional ( SN )
- Olimpiade IPA ( IMSO )
semoga SDNP 1 MLG semakin maju dan berkembang optimal
salam kepada Ibu Mutini selaku kepala sekolah dan juga seluruh guru-guru SDNP yang telah berjuang dengan tulis membina siswa menuju tingkat pendidikan yang lebih tinggi.
Gimana pak kabar Lab Kom
Lama tidak kesana aslinya masih kangen
ini ada banyak program-program baru yang saya rasa dapat menjadi akselerasi bagi perkembangan potensi siswa dalam semua mapel, terutama yang terkait dengan aspek kognitif dan psikomotor
(heru Santoso)
Kalau iya sya salam kangen dan minta maaf selama belajar ke bpk pernah buat salah
saya sebagai alumni akand slalu mendukung SDNP 1 MAlang